Senin, 09 Januari 2017

KTSP SMA N 1 Kota Gajah

STRUKTUR KURIKULUM SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013


  1. A.Daftar Mata Pelajaran
 Struktur dan muatan Kurikulum SMA Negeri 1 Kotagajah yang tertuang dalam SI meliputi lima kelompok mata pelajaran
  sebagai berikut.
 1.     Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia 
2.     Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
3.     Kelompok mata pelajaran  ilmu pengetahuan dan teknologi
4.     Kelompok mata pelajaran estetika
5.     Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan

Kelompok mata pelajaran tersebut dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan pembelajaran sebagaimana diuraikan dalam PP 19/2005 Pasal 7. Muatan Kurikulum SMA Negeri 1 Kotagajah meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan. Di samping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk ke dalam isi kurikulum. Secara rinci terurai sebagai berikut :
 1.Struktur Kurikulum
       a.Kurikulum Kelas X
untuk kelas X menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS). Sistem Kredit Semester (SKS) adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang siswanya menentukan sendiri beban belajar dan mata pelajaran yang diikuti setiap semester pada satuan pendidikan. Beban belajar setiap mata pelajaran pada sistem kredit semester dinyatakan dalam  satuan kredit semester (sks). Beban belajar satu sks meliputi satu jam pembelajaran tatap muka, satu jam penugasan terstruktur, dan satu jam kegiatan mandiri tidak terstruktur (Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi).

Tabel 2.1. Beban Belajar Mata Pelajaran  IPA Empat Semester 
NOMATA PELAJARANSKSSERI MAPEL   JUMLAH
1 2 3 4
1. Pendidikan Agama 6 2 2 2
6
2. Pendidikan Kewarganegaraan 6 2 2 2
6
3. Bahasa Indonesia 12 2 4 4 2 12
4. Bahasa Inggris 12 2 4 4 2 12
5. Matematika 13 2 4 4 3 13
6. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 4 1 1 1 1 4
7. Sejarah 3 1 1 1
3
8. Teknologi Informasi dan Komunikasi 6 2 2 2
6
9 Seni Budaya 6 2 2 2
6
10. Keterampilan/Bahasa Asing 4 2 2

4
11. Fisika 11 2 3 3 3 11
12. Kimia 11 2 3 3 3 11
13. Biologi 11 2 3 3 3 11
14. Ekonomi* 2 2
15. Sosiologi* 2  2 2
16. Geografi* 1 1
17. Muatan Lokal 4 2 2

4
JUMLAH 114  114
*)  Wajib diikuti pada semester tertentu sesuai dengan SK-KD semester 1 dan 2 pada sistem paket

 Tabel 2.2. Beban Belajar Mata Pelajaran  IPS Empat Semester 
NOMATA PELAJARANSKSSERI MAPEL    JUMLAH
1 2 3 4
1. Pendidikan Agama 6 2 2 2 6
2. Pendidikan Kewarganegaraan 6 2 2 2 6
3. Bahasa Indonesia 12 2 4 4 2 12
4. Bahasa Inggris 12 2 4 4 2 12
5. Matematika 12 2 4 4 2 12
6. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 4 1 1 1 1 4
7. Sejarah 6 2 2 2 6
8. Teknologi Informasi dan Komunikasi 6 2 2 2 6
9 Seni Budaya 6 2 2 2 6
10. Keterampilan/Bahasa Asing 4 2 2 4
11. Fisika* 2 2 2
12. Kimia* 2 2 2
13. Biologi* 2 2 2
14. Ekonomi 11 2 3 3 3 11
15. Sosiologi 10 2 3 3 2 10
16. Geografi 9 1 3 3 2 9
17. Muatan Lokal 4 2 2 4
JUMLAH 114 114

*)  Wajib diikuti pada semester tertentu sesuai dengan SK-KD semester 1 dan 2 pada sistem paket

 b.Kurikulum Kelas XI dan XII IPA
1)  Kurikulum SMA/MA Kelas XI dan XII Program IPA, Program IPS, Program Bahasa, dan Program Keagamaan  terdiri atas 13 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri. Kurikulum tersebut secara berturut-turut disajikan pada Tabel 5, 6, 7, dan 8.
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
2) Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan  sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
3)  Alokasi waktu satupembelajaran adalah 45 menit.
4)  Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.

Tabel 2.3. Struktur Kurikulum SMA Kelas XI dan XII program IPA

 

Komponen

Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
A.   Mata Pelajaran
  1. 1.Pendidikan Agama

2
2
2
2
  1. 2.Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
  1. 3.Bahasa Indonesia
4
4
4
4
  1. 4.Bahasa Inggris
4
4
4
4
  1. 5.Matematika
4+1
4+1
4+1
4+1
  1. 6.Fisika
4+1
4+1
4+1
4+1
  1. 7.Kimia
4+1
4+1
4+1
4+1
  1. 8.Biologi
4+1
4+1
4+1
4+1
  1. 9.Sejarah
1+1
1+1
1+1
1+1
10. Seni Budaya
2
2
2
2
11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
13. Keterampilan/ Bahasa Asing
2
2
2
2
B.  Muatan Lokal
2
2
2
2
C.  Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)

Jumlah

39+5
39+5
39+5
39+5
2*)  Ekuivalen 2 jam pembelajaran


Tabel 2.4. Struktur Kurikulum SMA/MA Kelas XI dan XII program IPS

Komponen

Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
A.  Mata Pelajaran
  1. 1.Pendidikan Agama

2

     2

2

2
  1. 2.Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
  1. 3.Bahasa Indonesia
4
4
4
4
  1. 4.Bahasa Inggris
4
4
4
4
  1. 5.Matematika
4
4
4
4
  1. 6.Sejarah
3+1
3+1
3+1
3+1
  1. 7.Geografi
3+1
3+1
3+1
3+1
  1. 8.Ekonomi
4+2
4+2
4+2
4+2
  1. 9.Sosiologi
3+1
3+1
3+1
3+1
  1. 10.Seni Budaya
2
2
2
2
  1. 11.Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
  1. 12.Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
  1. 13.Keterampilan/Bahasa Asing
2
2
2
2
B.  Muatan Lokal
2
2
2
2
C.  Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)

Jumlah

39+5
   39+5
39+5
39+5
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

0 komentar:

Posting Komentar